Membaca

Tadinya mau melanjutkan membaca buku The Happiest Woman-nya ‘Aid al-Qarni, tapi entah kenapa raga dan jiwa ternyata ga kompak. Baru sadar juga bahwa perasaan semacam ini kerap kali terjadi lho. Pas mau baca sesuatu yg menurut otak itu penting, tapi hati ga main di sana. Dia seperti entah lagi pergi ke mana dan malah percuma buka buku.

Kelas pertama bareng Reda kemarin menyadarkan aku juga tentang satu hal, bahwa untuk menjadi terbiasa kita memang perlu push diri kita lebih keras tapi ga mesti jadinya malah merusak semangat yang ada atau jangan juga jadi malah terlalu idealis atau perfeksionis jadinya malah ga ngehasilin apapun. Even itu selembar halaman yang perlu dibaca atau sebuah paragraph yang perlu ditulis.

Well, cuma mau quick writing. Meloloskan apa yang baru saja nge- pop up di otak pas tadi lagi megang buku. “Kok ga nyambung ya sama buku ini, padahal gue mau baca ini”, “Kok ngerasa ga tenang dan ga bisa nyerap informasinya sama sekali sih”, dan masih banyak pertanyaan muncul.

Simpulan buat kejadian pagi ini bagiku adalah ternyata, aku sepertinya punya kondisi tertentu yang harus terpenuhi untuk membaca sebuah buku atau artikel. Jadi, ketika kondisi itu tidak tercapai maka momen membaca atau lebih spesifik lagi menyerap informasi menjadi tidak optimal dan akan lebih cepat bosan dan hanya jadi kilasan belaka. Lalu, apa sajakah ‘kondisi tertentu’ tersebut? Sila cek beberapa kondisi yg barangkali juga berlaku untuk kalian:

  1. Otak dalam kondisi butuh asupan informasi dan terstimulus untuk membaca
  2. Tidak dalam tekanan untuk mengerjakan pekerjaan lain yang dapat mendistraksi otak
  3. Lingkungan tidak dalam keadaan berisik alias tenang
  4. Memastikan bahwa Bahasa pada buku yang akan dibaca memang Bahasa yang kamu mengerti

Ya segitu dulu pagi ini!

😊

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s