[Resume] The Happiest Woman in the World

Aku langsung resume bagian ke tiga saja ya. Simple points tapi merangkum isi dari buku ini. Aku pribadi merasa diingatkan kembali untuk terus bersyukur dan do my best.

Count the blessings that Allah has bestowed upon you.

Bangun tidur, kerja, tidur lagi, makan cukup, ga kurang anggota badan, lingkungan aman, keluarga masih ada, badan juga sehat. Lalu bandingkan dengan kemungkinan banyak perempuan di belahan bumi lain yang keadaannya tidak sama denganmu. Bukankah kamu sudah sepantasnya bersyukur atas tiap apa yg kamu dapatkan sekarang?
Rejoice and be of good cheer.

A little that makes you happy is better than a lot that makes you miserable.

Percaya pada apa yang sudah diberikan padamu adalah sesuatu yg kau butuhkan. Optimis pada masa depan yang sudah dirancang oleh-Nya sedemikian rupa. Pergunakan dengan baik setiap kesempatan meski itu sedikit. Sedikit untuk berbagi, sedikit untuk membuat orang lain senang, sedikit tapi berkah untuk kamu dan hidupmu. Be like a butterfly, which is light-hearted and beautiful, not attached to mere things.

Look at the clouds and not at the ground.

Untuk termotivasi menjadi baik, lihatlah yang lebih baik. Milikilah harapan sekaligus keyakinan. Sabar dan persisten. Kalau kembali lagi pada sebuah kesalahan dan perbuatan dosa, bertobatlah lagi dan lagi. Hafalkan Quran, dan kalau lupa, kembali ulang dan hafalkan lagi dan lagi. Hidup bukan sesuatu yang instan, tapi harus terus dibangun dan didekorasi untuk lebih baik. Lakukan semuanya dengan yakin bahwa Allah akan membantumu.

وَعَلَى اللَّهِ فَتَوَكَّلُوا إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ…

Giving up sin is jihad, but persisting in it is stubbornness

Living in a hut with faith is better than living in a place with disbelief.

Iya, sudah semestinya kita bahagia karena kita berada dalam keadaan Islam. Kamu mau bandingkan lagi dengan wanita di luar sana yang barangkali hidupnya lebih cukup, tinggal di rumah bak istana, punya banyak harta, serta paras cantik rupawan tapi mereka belum dapat kesempatan sepertimu? Percayalah, kamu jauh lebih baik dan harus bisa lebih bahagia. Ndak ada yang menjamin semuanya. Kebahagiaan nyatanya adalah berupa kepuasan dalam hati, kedamaian dalam pikiran, kemampuan untuk peka, sukacita di hati, perilaku terpuji, dan selalu puas dengan apa yang sudah dimiliki. Bukan harta itu, bukan paras itu, bukan gemerlap itu.

Organize your time so that you can do all you have to do.

Put your trust in the Ever-Living Who will never die. Perbaiki lagi keseharian. Waktu yang dipakai untuk apa. Baca buku bermanfaat, dengarkan rekaman yang baik, banyakin hapalan dan baca Quran. Cari yang indah, barangkali akan lebih membantumu meresapi setiap kalimatnya. Pelajari apa yang Rasullullah lakukan, karena melindungi dari kemungkinan kesalahan yang akan kau buat dan menyelesaikan apa yang mungkin jadi masalahmu selama ini.

Jawabanmu dalam Al Quran dan Sunnah, kenyamananmu dalam sebuah keyakinan, kegembiraanmu dalam berdoa, kecantikan wajahmu dalam seyuman, keamanan untuk kehormatanmu dalam hijab, dan ketenanganmu ada dalam mengingat Allah.

Our happiness is not like theirs.

Kita diminta untuk meyakini bahwa lagu menyedihkan, film hiburan, drama romansa, majalah, dan hiburan dunia bukanlah jalan untuk bahagia dan gembira. Bukan seperti itu. Justru sebenarnya hal itu akan membawamu pada jalan yang salah dalam menemukan ketenangan. Karena pada akhirnya, hatimu akan lebih tenang dan bahagia ketika kau dapati dirimu larut dalam sebuah penyesalan, tobat, dan penyerahan diri pada Allah. Membaca Quran, mendengarkan khutbah, mempelajari lebih banyak ajaran Rasulullah.

Climb aboard the ship of salvation.

Karena hidup hanya sekali. Maka bukan tempatnya untuk hal-hal tidak berguna dan pengejaran sepele. Kumpulkan banyak persediaan untuk hari nanti, berjuang untuk selalu jadi lebih baik di setiap waktunya dan tapakilah jalan yang benar. The wise woman turns a desert into a beautiful garden.

The key to happiness is prostration.

Langkah pertama untuk menuju kebahagiaan di setiap harinya adalah Sholat Shubuh. Asli. Ini betul banget. Minimal, kalaupun kamu lagi ga sholat, tapi kamu bangun pagi sesuai jadwal dan lakukan aktifitas bermanfaat tanpa harus tidur lagi. Aku bisa jamin, hari kamu setidaknya akan jauh terasa lebih indah. Badanmu akan terasa lebih sehat dan apapun yang kamu lakukan hari itu akan terasa lebih produktif. Soalnya ternyata Allah ndak memberkahi hari itu kalau kamu tidak memulainya dengan berdoa alias sholat. Jadi, pantas saja akan merugilah bagi orang-orang yang mengabaikan ini.

Old women make heroes.

Just give the best of you for this religion as a believer. Take from the breeze its tenderness, from the musk its fragrance, and from the mountain its steadfastness.

To be the most beautiful woman in the world.

With your beauty, you are better than the sun; with your morals you are more sublime than a musk; with your modesty you are nobler than the full moon; with your compassion you are more beneficial than rain.

Pertahankan cantikmu dengan keyakinan, ketenanganmu dengan kepuasan, kesucianmu dengan hijab.

لَا يَصْلَاهَا إِلَّا الْأَشْقَى – 92:15

Wherever you go and find darkness in your life; what you have to do is to light the lamp within yourself.

  • Judul Buku: You Can Be The Happiest Woman in The World
  • Penulis: Dr. ‘Aid al-Qarni

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s